Selamat Datang

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, BERIKAN KOMENTAR, SARAN DAN PENILAIAN ANDA AGAR KAMI DAPAT MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK ANDA

Thursday, January 12, 2012

Memeriksa Bad sektor Hardisk dengan Windows Surface Scanner

Pernahkah anda mengalami bad sector pada hard disk anda? Kemungkinan saja anda akan mengalami hal ini. Apa penyebab terjadinya Bad Sector pada Hard disk ? Bad sector dapat diakibatkan dari head hardisk menggesek piringan dari media penyimpanan hardisk sehingga piringan hardisk tersebut mengalami cacad. Bad Sector dapat menyebabkan kerusakan data secara permanen. Jika kita menginstal komputer atau laptop pada hard disk yang telah ada bad sectornya, biasanya akan selalu bermasalah. Apalagi jika posisi bad nya pada sector awal, yang digunakan untuk sistem windows. Untuk mengatasi hal ini tentu saja tidak mudah. Kita harus menandai bagian bad sector tersebut agar sistem operasi tidak lagi membacanya.

Windows Surface Scanner merupakan sebuah software gratis yang dapat memeriksa hard disk dari kerusakan secara fisik. Software ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows XP, Vista, dan Windows 7.

Bagaimana Cara Menggunakannya ?
  1. Downloadlah Windows Surface Scanner dan instalkan pada komputer anda.
  2. Setelah selesai instal, Jalankan Windows Surface Scanner, lalu klik tombol ‘Mount’. Proses ini adalah untuk memanggil semua hard disk yang terpasang pada komputer.
  3. Kemudian pilih hard disk yang akan di scan, dgn cara memberikan tanda checklist pada sebelah kiri nama hard disk.
  4. Tekan tombol ‘Scan’ untuk memulai proses scanning.

4 comments:

  1. Terima kasih infonya gan, kalau boleh tau, bedanya dengan Disk Error Checking bawaan windows apa yah gan?

    Btw, jika ingin tau tentang komputer, main ke Computer and Technology

    ReplyDelete
  2. Disk error bawaan windows hanya diberitahu besar bad sectornya, tetapi tidak diberitahu secara visual letak bad sectornya, sementara dengan software ini anda akan dapat melihat dimana lokasi bad sectornya

    ReplyDelete
  3. akurasinya gimana om jika dibandingkan dengan tool lain?

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar anda, Email anda tidak akan dipublikasikan

Daftar Isi